Selasa, 01 Januari 2013

Test Drive - Toyota All New Avanza 1.3 G A/T 2012

17 Feb 2012 | Teks dan foto oleh Ary Dwinoviansyah

Low MPV Idaman
Generasi terbaru low MPV milik Toyota inipun tampil dengan desain lebih mewah dan menjanjikan sebuah kendaraan keluarga yang nyaman dan efisien.

Carmall.com - Jangka waktu tujuh tahun dirasa cukup bagi Toyota untuk memberikan sebuah penyegaran terhadap mobil "sejuta umat" ini. Tepat awal November 2011 lalu, PT. Toyota Astra Motor (TAM) pun akhirnya resmi melahirkan generasi terbaru low MPV-nya tersebut dengan nama Toyota All New Avanza.

Bicara tentang sebuah kenyamanan pada kendaraan tentu menjadi pembahasan yang sangat penting, terutama bagi kendaraan sekelas Avanza.

Semenjak kemunculannya 2004 silam, Toyota Avanza telah menjadi primadona kendaraan keluarga Indonesia. Alasan yang paling kuat adalah kapasitas tujuh orang penumpang, irit bahan bakar, dan harga yang terjangkau.

Lalu, apakah perubahan pada diri All New Avanza membuat sisi kenyamanan menjadi lebih baik?

Interior

Pada edisi roadtest kali ini, CarMall.com sengaja memulai pembahasan mengenai Toyota All New Avanza 1.3 G A/T pada sisi kenyamanannya. Ada beberapa hal yang nyatanya mampu menjawab pertanyaan di atas.

Guna merasakan keunggulan dari perubahan yang dilakukan, Saya langsung menilik ke sektor kabin. Penyegaran dilakukan pada tampilan dashboard dengan kombinasi dua warna (two tone) dan desain kursi baru.

All New Avanza extra lapang! Selain penambahan dimensi yang kini menjadi 4.120 x 1.635 x 1.695 mm (P xL x T) dan wheelbase 2.655 mm, rahasia kelegaan kabin All New Avanza terletak pada kursi baris kedua.

Kursi ini mengaplikasi sliding seat yang bisa digerakkan maju-mundur sejauh 60 mm dengan menggunakan satu tuas dibawah kursi. Dengan begitu, ruang kaki penumpang di baris ketiga juga bisa lebih fleksibel.

Penambahan dimensi juga berpengaruh terhadap kapasitas bagasi All New Avanza. Jarak antara punggung kursi di baris ketiga dengan pintu bagasi yang bertambah 40 mm, membuat kapasitas barang bawaan menjadi lebih banyak.

Meski di desain lebih tipis, duduk di kursi All New Avanza terasa sangat nyaman sekalipun untuk perjalanan jauh. Kami pun tak perlu khawatir dengan cuaca panas ekstrim yang mungkin akan mengganggu kesejukan kabin.

Selain pemasangan upper air vent yang memberikan sirkulasi udara merata ke seluruh kabin, Toyota All New Avanza kini juga dibekali AC Double Blower yang menyatu dengan plafon sebagai perlengkapan standar Avanza terbaru.

Low MPV Idaman
Generasi terbaru low MPV milik Toyota inipun tampil dengan desain lebih mewah dan menjanjikan sebuah kendaraan keluarga yang nyaman dan efisien.

Visibilitas yang baik juga memberikan kenyamanan lebih selama mengendarai Toyota All New Avanza. Pasalnya pihak PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku produsenAvanza-Xenia membuat bagian pilar A lebih landai dengan kaca samping yang lebar.

Meskipun bukan varian tertinggi (Veloz), perangkat hiburan Single DIN yang teraplikasi sudah cukup untuk membunuh kejenuhan selama berkendara.

Sayangnya penempatan spion baru yang lebih tinggi, justru membuat titik blind spot semakin banyak.

Performa

Mesin K3-VE berkapasitas 1.300 cc yang terpasang pada dapur pacu All New Avanza memang serupa dengan generasi pendahulunya. Hanya saja, pada varian terbaru ini pihak pabrikan menurunkan torsinya dari 120 Nm menjadi 117 Nm.

Namun, pengurangan tersebut tak sedikit pun mengurangi akselerasi All New Avanza yang sudah disemati fitur Electric Power Steering (EPS).

Peran EPS pada sistem kemudi benar-benar memberikan kemudahan selama berkendara. Karakter setir memang sedikit lebih ringan. Namun, tetap mudah dikendalikan. Penggunaan EPS pun bahkan mampu mengefisiensi konsumsi bahan bakar All New Avanza dari 11,6 km/l menjadi 12,6 km/l atau lebih irit 8,62% (klaim).

Faktor lain yang juga mempengaruhi tingkat keiritan BBM All New Avanza adalah mengurangi putaran mesin saat idle hingga 50 rpm, pengurangan bobot tubuh hingga 30 kg, dan berkurangnya rolling resistance pada ban.
Redam gejala limbung

Serupa dengan mesin, Toyota All New Avanza juga masih menggunakan perangkat kaki-kaki yang sama yaitu McPherson Struts (depan) dan Multi-link (belakang). Akan tetapi, TAM menyatakan telah merancang ulang sistem kekerasan per dan peredam kejutnya agar memberikan stabilitas yang lebih baik.

Saya pun memberanikan diri untuk membuktikannya. Saya menjajal kembaran Daihatsu Xenia ini di jalan yang memiliki beberapa karakter tikungan cukup tajam.

Ketika menemui jalan menikung, Saya tetap menjaga kestabilan All New Avanza pada kecepatan sekitar 60-70 km/jam. Hasilnya, Saya tak menemukan gejala limbung yang berlebihan.

Karakter suspensi All New Avanza memang terkesan smooth. Untuk itu dibutuhkan pengendalian yang halus serta menyesuaikan olah kemudinya dengan irama ayunan suspensi yang sudah dirancang ulang agar lebih fun to drive.

Perlu diingat bahwa All New Avanza belum mengaplikasi fitur kemanan seperti airbag dan ABS. Namun dengan konstruksi GOA Technology, rasanya sudah mampu meredam getaran jika terjadi kecelakaan atau tabrakan.

Eksterior

Sempat memarkirnya di sebuah tempat perbelanjaan, Toyota All New Avanza 1.3 G A/T yang Saya kendarai langsung menjadi pusat perhatian.

Low MPV Idaman
Generasi terbaru low MPV milik Toyota inipun tampil dengan desain lebih mewah dan menjanjikan sebuah kendaraan keluarga yang nyaman dan efisien.

Maklum saja, kehadirannya memang sangat dinantikan masyarakat Indonesia. Belum lagi para konsumen yang harus bersabar karena unit terbaru Avanza ini memang inden.

Ketertarikan mereka tentu saja tertuju pada perubahan desain bodi yang sekarang lebih mewah. Lihat saja bentuk head lamps yang lebih stylish dengan desain menyudutnya.

Tampilan depan All New Avanza pun kian berkelas karena grille depan yang didesain melengkung dibuat lebih manis dengan aksen krom. Ditambah lagi dengan fog lamps yang dihiasi list krom.

Hal baru lainnya yang kini dapat ditemui pada All New Avanza adalah velg alloy desain terbaru berukuran 14 inci, back door opened, reflector dan sensor parkir untuk memudahkan pengemudi saat parkir mundur, wiper belakang¸ roof spoiler dengan lampu rem, serta lampu belakang dengan kombinasi baru.

Kesimpulan

Tak dipungkiri bahwa Toyota Avanza adalah mobil idaman keluarga Indonesia. Kapasitas penumpang yang banyak, irit bahan bakar, dan harga terjangkau adalah tiga faktor utama yang membuat low MPV ini begitu dicintai.

Selama tujuh tahun perkembangannya, mobil keluarga hasil kerjasama PT. Astra Daihatsu Motor-PT. Toyota Astra Motor-PT. Astra International ini pun kembali dilansir.
2011, menjadi awal baru kemunculan Toyota All New Avanza. Tak hanya sekedar facelift, All new Avanza kini tampil dengan desain bodi yang lebih mewah dan berkelas. Disamping itu, penambahan dimensi pun menjadi nilai penting dalam memberikan kenyamanan yang membuat kabin lebih luas dan daya angkut barang yang lebih banyak.

Selain menawarkan kenyamanan pada kabin, pihak pabrikan juga menyempurnakan sektor mesin. Meskipun mengalami penurunan torsi, All New Avanza tetap mampu berakselerasi secara sempurna. Hal tersebut didukung oleh penggunaan Electric Power Steering(EPS) yang juga berpengaruh terhadap efisiensi konsumsi bahan bakar.

Pengendalian All New Avanza pun makin nyaman berkat pengaturan ulang sistem suspensi yang membuat stabilitas kendaraan menjadi lebih baik.

All New Avanza tersedia dalam empat tipe, yaitu tipe E 1.300 cc (M/T dan A/T), tipe G 1.300 cc (M/T dan A/T), tipe G bertransmisi manual, serta tipe tertinggi, Veloz 1.500 cc (M/T dan A/T).

All New Avanza juga ditawarkan dengan harga beragam, mulai dari Rp. 144 juta - Rp. 180,2 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar